Selasa, 05 April 2011

PERILAKU KONSUMEN

PERILAKU KONSUMEN

Apa yang dimaksud Perilaku Konsumen??

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Pengertian perilaku konsumen menurut Philip Kotler adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya,Sedangkan menurut Etat Swan pengertian dari perilaku konsumen adalah evaluasi secara sadar atau penilaian kognitif menyangkut apakah kinerja produk relatif bagus atau jelek atau apakah produk bersangkutan cocok atau tidak cocok dengan tujuan/ pemakaiannya.

Pelanggan merasa puas kalau harapan mereka terpenuhi, dan merasa amat gembira kalau harapan mereka terlampaui. Pelanggan yang puas cenderung tetap loyal lebih lama, membeli lebih banyak, kurang peka terhadap perubahan harga dan pembicaraannya menguntungkan perusahaan.

Seorang konsumen dalam memilih sesuatu mempunyai beberapa faktor penting untuk memilih suatu barang/benda yang akan dipilihnya,beberapa faktornya sebagai berikut :

1. 1. tingkat pendapatan seseorang

2. 2.jenis/ukuran yg dibutuhkan

3. 3. tingkat kebutuhan

4. 4.efektifitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar